Mengapa Hasil Tes Ovulasi Dengan alat deteksi masa subur Saya Negatif?

deteksi masa subur untuk hamil

Katanya menggunakan alat tes ovulasi adalah metode yang terbilang lebih efektif untuk memprediksi masa subur dibandingkan dengan metode lain yang ada. Akan tetapi, apa jadinya jika Anda mulai meragukan efektivitas alat deteksi masa subur ini karena hasilnya selalu negatif? Ada beberapa sebab hasil tes ovulasi Anda negatif.

Melakukan Tes Terlalu Dini atau Terlalu Lambat

Untuk mengetahui alasan mengapa hasil tes ovulasi Anda negatif, Anda perlu memahami cara kerja alat tes ovulasi terlebih dahulu. Alat ini tidak mendeteksi terjadinya ovulasi itu sendiri melainkan peningkatan kadar LH yang terjadi sekitar 24-48 jam sebelum terjadinya ovulasi. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin menggunakan alat ini sehari sebelum hari kemungkinan terjadinya ovulasi.

Namun, peningkatan LH sendiri cukup sulit diprediksi. Kadang kondisi ini terjadi lebih awal dari prediksi Anda. Bisa juga peningkatan LH hanya terjadi dalam waktu lebih singkat, sekitar 10 jam saja. Jika Anda melakukan tes ovulasi sekali dalam sehari, besar kemungkinan Anda ketinggalan peningkatan kadar LH sama sekali.

Untuk menghindari kondisi yang tidak diharapkan ini, Anda disarankan untuk melakukan tes ovulasi paling tidak dua kali sehari. Tes ini bisa dimulai beberapa hari sebelum ovulasi diperkirakan terjadi. Anda juga perlu memberi jarak paling tidak 10 jam sebelum melakukan tes kedua. Penting pula untuk diingat bahwa Anda perlu menggunakan alat deteksi masa subur wanita tersebut sesuai petunjuk untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tidak Yakin dengan Siklus Menstruasi

Selain kondisi peningkatan LH yang mungkin berlainan antara satu wanita dengan wanita lain, hasil tes negatif mungkin pula Anda dapatkan bila Anda tidak yakin dengan siklus menstruasi Anda sendiri. Anda memang tidak perlu menggunakan alat deteksi masa subur wanita ini setiap hari. Anda hanya perlu menggunakannya di pertengahan siklus menstruasi Anda. Namun, apa jadinya jika Anda sendiri tidak paham dengan siklus mestruasi Anda?

Mengingat peningkatan LH bisa jadi berbeda, ada baiknya sebelum menggunakan alat tes ovulasi ini Anda memahani pola menstruasi Anda dulu untuk menentukan pertengahan siklus menstruasi yang lebih akurat. Untuk itu, Anda perlu memonitor siklus menstruasi paling tidak selama enam bulan. Dengan demikian, Anda bisa membuat perkiraan yang lebih akurat mengenai kapan kira-kira ovulasi Anda terjadi. 

Kemungkinan Beberapa Masalah Kesehatan

Hasil tes ovulasi yang negatif bisa pula berhubungan dengan beberapa kondisi kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi. Jika Anda mengalami beberapa masalah ovulasi, hasil tes ovulasi Anda bisa berakhir negatif atau bahkan positif, tetapi hasil tersebut tidak akurat sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda mengalami PCOS atau kista ovarium misalnya. Kondisi lain seperti stres, masalah makan, atau bahkan kebiasaan olah raga yang terlalu intens bisa menyebabkan hasil alat deteksi masa subur negatif.