Beragam Kapasitas Genset untuk Berbagai Kebutuhan

ilustrasi genset 500kva

Penggunaan genset sekarang ini tidak hanya untuk dunia kerja saja melainkan untuk rumah tangga. Kapasitas genset menyesuaikan kebutuhan masing-masing penggunanya. Genset 500 kva cocok untuk kebutuhan daya menengah seperti untuk gedung 4 lantai, tambak udang, dan penerangan proyek.

Kategori Kapasitas Genset

Terdapat 3 jenis kapasitas dari genset yang bisa memenuhi kebutuhan listrik baik dengan berbagai daya.

  1. Prime capacity

Prima capacity atau kapasitas utama adalah kapasitas beban yang kemungkinan bisa ditanggung genset dalam waktu tak terhingga. Akan tetapi beban bisa mengalami kenaikan dan penurunan. Total beban setidaknya 60 hingga 70 persen dari kapasitas yang tertera.

  1. Continuous capacity

Continuous capacity atau kapasitas berkelanjutan yaitu genset mampu menanggung beban secara terus menerus dengan besar yang tetap atau konstan. Beban akan stabil tanpa adanya perubahan dengan sedikit beban kejut bahkan selama 24 jam. Biasanya tertera 90 hingga 95 persen kapasitas berkelanjutan dari kapasitas prime yang ada. 

  1. Stand by capacity

Penggunaan stand by capacity atau kapasitas siaga mempertimbangkan jika penggunaan genset jarang. Genset akan memiliki waktu yang lebih lama untuk beristirahat. Biasanya kapasitas stand by tertera 5 hingga 10 persen lebih besar dari kapasitas utama. 

Misalnya saja kapasitas utama genset 500 kva, maka kapasitas siaga yang tertera 574 hingga 650 kva.

Beli Genset atau Sewa Genset?

Membeli dan merawat genset bukanlah perkara yang mudah. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih bergantung kebutuhan listrik dari perusahaan negara. Sehingga keberadaan genset hanya untuk pengganti sumber listrik saja. 

Untuk kepentingan industri atau lainnya yang mungkin menggunakan genset 500 kva bisa membelinya saja. Tentu harus ada operator yang akan merawatnya untuk menjaga kondisi genset. Namun bisa juga menyewa genset dengan pertimbangan berikut ini.

  1. Tidak menggunakan genset setiap hari

Sebagai sumber listrik darurat tentu genset hanya akan beroperasi ketika sumber utama listrik padam. Hal ini akan membuat genset tidak optimal dalam penggunaannya.

  1. Kemungkinan terjadinya kerusakan

Jarang menggunakan genset akan mempercepat kerusakan terjadi. Terlebih jika tidak ada perawatan secara rutin.

  1. Untuk menghemat anggaran

Membeli genset 500 kva atau kapasitas lainnya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Serta tidak memerlukan biaya tambahan untuk perawatan atau perbaikan. Tentu akan lebih hemat dengan menyewa genset.