Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Jenis Metal

ilustrasi atap metal

Atap metal akhir-akhir ini sering dijadikan pilihan untuk atap rumah. Selain harganya yang terjangkau, tampilan serta pemasangannya pun lebih mudah karena berbahan ringan dan elastis. Namun sekalipun ringan dan elastis, bahan ini tergolong cukup kuat jadi aman untuk dijadikan pilihan atap rumah anda.

Sebelum memutuskan memilih atap metal yang lebih dikenal dengan nama genteng metal ini, ada baiknya anda mengetahui kelebihan serta kekurangan genteng jenis ini.

Kelebihan Genteng Metal Pasir

  • Anti Karat

Genteng jenis ini merupakan genteng anti karat, karena unsur kandungan seng dan alumunium yang dilapisi dengan lapisan anti karat.

  • Mampu Meredam Suara Bising

Jenis genteng ini mampu meredam suara bising yang terjadi jika sedang turun hujan, sehingga membuat penghuni rumah merasa nyaman didalam rumah walaupun kondisi cuaca sedang turun hujan.

  • Tidak Mudah Terbakar

Genteng metal tidak menghantarkan api sehingga tidak mudah terbakar, selain itu genteng ini juga sanggup menangkal sambaran petir sehingga bisa meminimalisir gangguan listrik yang terjadi akibat sambaran petir.

  • Memiliki Banyak Pilihan Model Dan Warna

Genteng jenis ini menyediakan banyak pilihan, mulai dari pemilihan ketebalan serta pilihan warna. Jadi anda bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan rumah anda.

  • Tidak Mudah Terlepas

Genteng jenis ini dipasang dengan menggunakan kunci khusus, jadi tidak mudah terlepas karena tiupan angin maupun guyuran air hujan. Jadi tergolong aman dan tidak merepotkan anda untuk urusan harus memanjat atap dikarenakan genteng merosot.

Kekurangan Genteng Metal Pasir

  • Rentan Terhadap Tekanan

Meskipun dikenal memiliki kekuatan yang bagus, namun genteng jenis ini tidak tahan terhadap tekanan yang berlebihan. Dikarenakan ketebalan dari genteng jenis ini hanya di kisaran 0,20 mm sampai dengan 0,40 mm. Jadi anda harus berhati-hati ketika harus menginjak genteng ini.

  • Warna Mudah Pudar Karena Terkelupas

Kita dimanjakan dengan beragam warna pilihan dari genteng jenis ini, akan tetapi warna genteng jenis ini mudah terkelupas dan akhirnya memudar sehingga akan mengurangi keindahan awal dari hunian rumah anda.

  • Rendah Dalam Meredam Panas

Berbanding terbalik dengan kelebihan jenis genteng ini dalam meredam suara, genteng jenis ini tidak cukup baik dalam meredam panas. Sehingga membuat suhu didalam rumah panas, dan itu akan mengurangi kenyamanan penghuni rumah pada siang hari.

Demikianlah ulasan singkat tentang kelebihan serta kekurangan genteng berjenis metal, mudah-mudahan dapat dijadikan pertimbangan buat anda sebelum memutuskan untuk menggunakan atap metal untuk hunian rumah yang anda tempati. Pada intinya, apapun pilihan jenis genteng anda, pasti tidak akan luput dari kelebihan serta kekurangan. Dituntut kebijaksanaan anda dalam memilih jenis genteng yang dibutuhkan untuk rumah anda.