Apa Itu Bearing Dan Berapa Harga Bearing Di Pasaran ?

Apa itu bearing?

Bering itu memiliki berbagai macam jenis dan harga bearing juga beragam. Bearing akan sering ditemui pada industri otomotif baik yang beroda dua maupun beroda empat. Walaupun di dalam dunia yang bukan otomotif juga menggunakan namun tidaklah banyak seperti pada dunia otomotif. 

Sebelum kita gali lebih dalam mari kita cari tahu terlebih dahulu definisi tentang bearing itu sendiri. 

Definisi Bearing

Bering bisa dikatakan adalah bagian mesin yang memiliki peran untuk membatasi gerak yang relatif yang terhubung antara dua komponen atau bisa lebih agar dapat bergerak sama dengan arah yang memang sudah diatur atau bisa juga dapat disesuaikan dengan keinginanmu. 

Fungsi bearing sendiri adalah agar dapat meminimalkan sebuah gesekan antara dua komponen otomotif yang sedang bergerak. Dengan diberikannya bearing ini maka perputaran di kedua benda tersebut dapat lancar, bisa halus dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang lainnya. 

Macam-Macam Bearing

Banyak sekali bearing yang sudah kita ketahui. Berbeda jenis bearing berbeda pula cara penggunaannya. Di dalam menggunakannya pun disesuaikan dengan kebutuhan elemen yang sesuai dengan mesin yang diinginkan. Harga bearing sendiri juga sangat berbeda -beda tergantung dengan jenisnya. 

Bahkan harga bearing sepeda akan berbeda dengan harga bearing untuk kendaraan beroda empat. Komponen pada bearing bisa dibedakan menjadi dua jenis yang berbeda yaitu :

  1. Plain Bearing

Plain Bearing adalah bearing yang memiliki permukaan yang rata di bidang geseknya meskipun bentuk bearingnya layaknya setengah lingkaran. Jenis bearing ini terdiri dari beberapa campuran berupa tembaga kuningan yang di bagian permukaannya berlapis logam babbit. 

  1. Antifriction

Antifriction yang pada bidang geseknya bergerak secara bergulir tetapi pada bidang gesek di permukaan bearing yang menggunakan mesin yang pada bagian sukungnya tidak bersentuhan secara langsung melainkan terdapat bantalan yang dijadikan dudukan atau rem. 

Pada bearing ini memiliki dua jenis bidang gulirkan yaitu berupa ball dan roller yang biasanya terbuat dari bahan metal yang sangat berkualitas besar agar kuat untuk menahan gesekan.