Inilah 4 Tips Memilih Besi Beton yang Tepat Untuk Bahan Konstruksi Rumah

ilustrasi besi behel ulir

Dalam memilih besi beton yang akan digunakan untuk bahan konstruksi rumah, haruslah sesuai dengan kebutuhan namun barang juga harus berkualitas. Karena besi beton sendiri sering digunakan dalam proses penulangan konstruksi beton atau beton bertulang. Besi beton bertulang ini dibagi menjadi dua bentuk yaitu besi polos (plain bar) dan besi behel ulir (deformed bar). 

Nah untuk memilih besi beton yang sesuai dengan kebutuhan, anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Memperhatikan Jenis Besi Beton 

Jenis beton ini memang dibagi menjadi dua bentuk berdasarkan fungsinya yaitu besi polos dan besi behel ulir. Besi polos ini memiliki bentuk penampang bundar, permukaan licin dan tidak bersirip dan cenderung lebih mudah untuk dibentuk. Namun terdapat juga beberapa besi beton yang memiliki kualitas tinggi ini juga memiliki tingkat kekerasan yang baik.

Sedangkan besi ulir ini memiliki bentuk permukaan seperti sirip melintang atau seperti rusuk yang memanjang dengan pola tertentu. Besi ulir ini memang lebih sulit untuk dibentuk, karena memiliki tegangan yang lebih tinggi.

  1. Mengecek Kembali Kondisi Besi Beton

Untuk mendapatkan besi beton yang berkualitas, anda dapat mengecek keadaan besi tersebut, apakah berkarat atau tidak. Sehingga anda bisa memilih besi dalam keadaan yang baik, karena adanya karat tersebut juga lebih mempercepat keroposnya besi. 

  1. Menyesuaikan Ukuran Besi Beton

Baik besi polos maupun besi behel ulir ini memiliki beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan anda. Ukuran standar dari besi beton ini biasanya 12 m dengan berbagai macam ukuran diameter. Pilihan diameter besi beton ini yaitu 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm maupun 25mm.

  1. Memilih Merk Unggulan

Pilihlah juga merk besi beton baik besi polos maupun besi behel ulir yang memiliki kualitas terbaik bahkan sudah masuk kedalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun memang besi beton yang sudah masuk ke kategori SNI ini memang lebih mahal, karena tentunya lebih baik dan  berkualitas.