Begini Cara Perhitungan Simulasi Pinjaman KPR


Simulasi pinjaman KPR adalah sebuah cara agar kita mengetahui berapa cicilan kredit rumah yang harus kita bayarkan sebelum melakukan kredit rumah. 

Berikut ini kita akan beritahukan bagaimana cara menghitung simulasi kredit KPR yang membutuhkan beberapa asumsi :

Berapa Harga Beli Rumah

Harga merupakan hal utama di dalam kita mengajukan pinjaman. Harga tersebut akan menentukan berapa besaran jumlah plafon pinjaman yang kamu akan ajukan tersebut. Jangan hanya berpatokan pada harga satu properti, nanti malah bisa jadi cicilan akan semakin mahal sehingga kamu tidak akan mempunyai alternatif yang lain. 

Datanglah ke acara-acara pameran properti supaya dapat gambaran pasaran di daerah yang kamu inginkan. 

Lihat Berapa Uang Mukanya

Simulasi pinjaman KPR selanjutnya adalah uang muka karena pihak bank tidak akan berikan biaya yang 100% atau keseluruhan harga rumah. Pemilik harus membayar uang muka sejumlah tertentu di awal sehingga bank akan membayar kisaran 80% – 90 % dari harga rumah. 

Uang muka juga akan berpengaruh seberapa besar uang yang harus kamu bayarkan setiap bulannya semakin besar uang muka yang kamu berikan maka akan semakin kecil pembayaran pada tiap bulannya. Bank biasanya akan memberikan ketentuan uang muka sebesar 10% dari harga rumah tersebut. 

Plafon Pengajuan Pinjaman

Harga rumah yang dikurangi dari besaran uang muka merupakan plafon pinjaman KPR yang akan kamu ajukan kepada bank. Plafon tersebut merupakan hutang yang harus kamu bayar kepada bank. 

Tenor Dari Kredit

Setiap bank memiliki tenor yang berbeda-beda di dalam memberikan pinjaman bisa dari 5 tahun paling pendek dan 30 tahun paling panjang. Semakin tenor yang kamu gunakan semakin panjang maka akan semakin ringan biaya tiap bulannya yang harus kamu bayarkan. Tetapi semua itu tergantung dari kemampuan kamu. 

Bunga Dari Pinjaman

Suku bunga merupakan komponen simulasi pinjaman untuk kredit rumah. Bank biasanya sudah akan menyediakan beberapa suku bunga untuk digunakan dalam melakukan perhitungan. Di dalam bunga ini harus benar-benar kamu perhatikan yaitu bunga yang diterapkan sudah sesuai dengan kondisi di pasar, bunga yang dipakai adalah bunga yang sudah fix dan lebih rendah dan berlaku hanya beberapa tahun di awal kredit.