Uji Mikrobiologi Skincare Untuk Bahan Alami

Skincare

Skincare yang aman dan lulus uji mikrobiologi skincare merupakan syarat utama ketika anda memilih produk skincare. 

Apa Itu Uji Mikrobiologi?

Uji mikrobiologi dalam produk skincare harus dilakukan terutama apabila salah satu komposisi dari produk terbuat dari bahan alam. Hal ini dikarenakan bahan kosmetik dari alam sangat rentan terkontaminasi dengan mikroorganisme. Analisa mikrobiologi yang umumnya digunakan dalam industri kosmetik antara lain uji batas mikroba, uji efektivitas pengawet, uji angka lempeng total, uji sterilitas. Untuk pengujian mikrobiologi ini umumnya menggunakan media biakan untuk mengidentifikasi strain maupun untuk pengajuan absent/present mikroba. 

Tips Memilih Skincare Yang tepat 

  • Pilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit.  Skincare yang baik seharusnya memiliki klaim untuk digunakan jenis kulit tertentu. 
  • Sesuaikan skincare dengan masalah yang dialami. Selain tipe kulit, beberapa orang juga mengalami permasalahan kulit. Seperti contohnya kulit yang berjerawat, kulit terlalu kering, sensitif, dan sebagainya. Formula yang diracik dalam skincare pastinya berbeda-beda sesuai untuk menangani masalah kulit yang dialami. 
  • Teliti dalam melihat komposisi dari produk skincare. Yang tak kalah penting dalam memilih produk skincare yang aman adalah melihat komposisi ingredients dalam produk skincare. Dengan melihat komposisi produk anda bisa menghindari bahan yang sekiranya bisa menimbulkan alergi untuk kulit anda. 
  • Pastikan skincare sudah memiliki izin dari BPOM. Kunci dalam memilih produk skincare yang aman adalah dengan melihat di kemasan produk apakah sudah terdapat izin edar dari BPOM. Meskipun produk yang belum lulus uji BPOM belum tentu berbahaya, namun ada baiknya untuk tetap memilih produk yang sudah mengantongi izin BPOM. 

Tetap Berhati-Hati Jika Menggunakan Skincare Alami 

Produk skincare yang diklaim terbuat dari bahan-bahan alami belum tentu baik.  Terlebih jika kita mencoba untuk meracik sendiri bahan alami tersebut.  Seringkali  bahan alami yang digunakan sebagai produk skincare  belum diketahui efek sampingnya, terutama jika digunakan dalam waktu yang lama. Perhatikan reaksi kulit ketika anda menggunakan produk skincare dengan bahan alami. Reaksi kulit atau alergi merupakan salah satu hal yang harus lolos dalam uji mikrobiologi skincare.