Wajib Tahu 4 Tips Untuk Membuat Simpanan Pelajar

Simpanan Pelajar

Belajar menabung tentunya harus diterapkan sejak dini kepada anak-anak terutama pelajar yang tentunya dapat bermanfaat untuk kedepannya. Cara menabung ini bukan hanya dengan menggunakan celengan, namun terdapat juga tabungan di bank untuk anak-anak yang bernama simpanan pelajar

Karena sudah banyak juga beberapa bank yang menyediakan fasilitas tabungan bagi para pelajar. Dalam membuat tabungan simpanan pelajar ini sebenarnya tidak susah. Simpanan pelajar ini berguna bagi para pelajar yang masih aktif sekolah. 

Namun tetap dalam semua kegiatan anak-anak, harus ada orang tua maupun wali yang mendampingi. Terutama bagi pelajar yang masih berusia dibawah 15 tahun pada saat akan membuat rekening baru tersebut.

Cara Membuat Simpanan Pelajar

Secara umum, terdapat berapa tips yang diperlukan untuk membuat simpanan pelajar yaitu sebagai berikut :

  • Mencari Informasi Mengenai Bank dan Tabungan

Dalam membuat rekening baru yang digunakan untuk simpanan pelajar ini tentunya sudah sangat mudah. Karena hampir semua bank terkemuka sudah menyediakan fasilitas tabungan khusus anak, terutama bagi pelajar. Sehingga akan lebih mudah juga bagi anda untuk mencari informasi melalui internet. 

Carilah beberapa informasi sebanyak-banyaknya, sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan memiliki prosedur yang mudah dipahami. Agar menjadi pembelajaran bagi anak-anak dalam belajar mandiri maupun dalam mengatur keuangan mereka.

  • Memilih Jenis Tabungan yang Benar

Setelah mencari informasi beberapa bank, tentunya anda juga harus mencari kelebihan maupun kekurangan dari bank yang anda pilih tersebut. Anda juga dapat melihat fasilitas yang diberikan, selanjutnya biaya bulanan yang akan dibebankan. 

Hal inilah tujuan adanya pengawasan dari orang tua selain mengawasi juga menjelaskan secara detail, sehingga anak-anak akan lebih mudah memahami. Selanjutnya tabungan simpanan pelajar tersebut dapat digunakan secara langsung oleh anak anda.

  • Menyiapkan Persyaratan

Langkah selanjutnya yaitu persiapkan persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari uang setoran awal sesuai dengan bank yang dipilih. Umumnya setoran simpanan pelajar memiliki setoran lebih kecil daripada orang dewasa. Selanjutnya juga siapkan berkas-berkas pendukungnya seperti :

  • Kartu Identitas Pelajar (Kartu Pelajar/ Akta Kelahiran)
  • Kartu Tanda Penduduk orangtua
  • Surat Keterangan dari pihak sekolah
  • Kartu Keluarga
  • Surat Pernyataan dalam membuat rekening dan ditandatangani orangtua
  • Mendaftarkan di Bank

Setelah semua berkas sudah beres dipersiapkan, anak anda tersebut bisa membuka rekening simpanan pelajar. Prosedurnya pun sesuai dengan bank yang anda pilih dan biasanya akan diarahkan oleh pihak security. 

Proses pembuatan dari rekening simpanan pelajar ini juga bervariasi tiap bank, rata-rata proses tersebut memakan waktu 1-3 jam. Sebaiknya dalam proses pembuatan rekening juga mengajak anak anda, agar dapat mengetahui proses pembuatan rekening.