Jasa Workover itu apa?

Ilustrasi rig

Dalam upaya mendapatkan minyak bumi. Sumber energi yang berasal dari fosil maka dilakukanlah penggalian sumur-sumur minyak. Namun biayanya sangat besar sekali, sehingga seringkali justru lebih menguntungkan jika melakukan workover terhadap sumur minyak yang telah ada. Pengerjaannya dilakukan oleh jasa Workover

Apa itu Workover

Istilah workover atau kerja daur ulang seringkali disamakan dengan well service atau kerja pemeliharaan sumur minyak bumi. Padahal hal itu sedikit berbeda. Terdapat banyak istilah dalam pengoperasian suatu sumur minyak bumi itu. Jika kerja tahap akhir persiapan dan penyempurnaan sumur bor minyak bumi hingga siap menjadi sumur produksi minyak bumi disebut sebagai well completion, lalu kerja pemeliharaan biasa dan rutin terhadap suatu sumur bor minyak bumi selama proses pengeboran disebut sebagai well service. Maka pengertian workover itu ialah kerja guna untuk mempertahankan atau memperbaiki dan menambah produksi dengan cara melakukan perubahan atau pengolahan zona produksi atau bisa juga hingga melakukan penggantian atau pergeseran zona produksi ke lokasi yang lebih potensial menghasilkan sumber minyak bumi. Lokasi tersebut biasanya tidak terlalu jauh dengan lokasi awal, atau masih satu area saja.

Penyebab Workover

Workover diperlukan dikarenakan antara lain oleh sebab sebagai berikut.

Permeabilitas reservoir yang sangat rendah, atau

Tekanan reservoir yang juga sangat rendah, atau

Terjadinya formation damage, dan lain sebagainya

Sehingga cairan fluid minyak bumi yang ada sulit diambil ke atas.

Cara Perbaikan Permeabilitas

Permeabilitas ialah suatu ukuran tingkat pergerakan udara serta air melalui tanah, atau suatu parameter petrofisik mengenai kemampuan tanah dna bebatuan untuk bisa mengalirkan fluida. Satuan permeabilitas yang paling sering dan umum digunakan adalah berupa satuan ukur Darcy, sebutan istilahnya. Sedangkan sebutan istilah stimulasi dalam proses pengeboran minyak bumi mengacu pada suatu kerja yang dilakukan pada sumur dengan tujuan untuk meningkatkan laju produksinya, yakni yang dilakukan dengan cara memperbaiki serta meningkatkan nilai permeabilitas tanah bebatuan nya.  Setidaknya terdapat dua cara yang paling populer dan paling sering dilakukan guna memperbaiki permeabilitas suatu sumur bor minyak tanah itu, yakni acidizing dan yang satunya lagi ialah hydraulic fracturing.

Cakupan Workover

Banyak juga yang menanyakan tentang maksud dari rig workover. Disebut dengan istilah seperti itu karena upaya workover dilakukan dengan menggunakan alat rig. Workover rig tersebut dilakukan sebagai pengerjaan lanjutan yakni ketika suatu sumur minyak bumi telah selesai dibor dan telah mulai menghasilkan produksi. Cakupan kerja workover ialah bisa meliputi relokasi yaitu melakukan perubahan zona produksi yang dapat dilakukan dengan cara melakukan re komplesi ke zona yang lain, atau melakukan re komplesi pada zona yang sama namun dengan interval perforasi yang berbeda, baik itu lebih rendah lokasinya atau lebih tinggi lokasinya dari posisi awal atau bergeser di sekitarnya, serta memperbaiki kegagalan penyemenan casing dan lain sebagainya.

Itulah yang disebut sebagai workover itu.