Pahami, Begini Metode Geofisika dalam Tahapan Eksplorasi Batubara

metode geofisika digunakan untuk tahapan eksplorasi batubara

Salah satu metode yang kerap digunakan dalam tahapan eksplorasi batubara adalah metode geofisika, metode ini biasanya dimanfaatkan untuk melihat sebaran litologi serta endapan lapisan batubara dalam suatu lubang bor. Lantas, sebenarnya apa itu metode geofisika ? yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Metode Geofisika

Metode Geofisika atau yang dikenal juga dengan geophysicalwelllogging merupakan salah satu metode yang dapat dimanfaatkan dalam proses eksplorasi batubara, metode ini digunakan untuk melihat keadaan yang ada di bawah galian lubang bor dengan memanfaatkan sifat-sifat fisika, seperti: kecepatan, densitas, resistivitas, radioaktivitas, dan lain sebagainya. Adapun cara untuk melakukan teknik ini yaitu dengan memasukkan suatu benda atau alat yang mempunyai tingkat kepekaan tertentu ke dalam lubang bor.

Jenis-Jenis Metode Geofisika dalam Tahapan Eksplorasi Batubara

  1. Log Sinar Gamma Ray

Jenis metode geofisika dalam teknik eksplorasi batubarayang pertama adalah metode gamma ray log, jenis metode ini biasanya dimanfaatkan untuk mengukur radiasi sinar gamma yang dipancarkan oleh batuan, batubara dengan kualitas yang baik akan memiliki nilai radiasi gamma yang tergolong kecil. Adapun unsur radioaktif yang dapat dideteksi oleh metode log ini adalah radium, potassium, thorium dan uranium.

  1. Log Densitas

Berikutnya adalah log densitas, dalam cara eksplorasi batubaralog jenis ini menjadi perangkat utama guna mengidentifikasi dan menganalisa lapisan batubara serta untuk memberikan respon jika terdeteksi adanya fluida di dalam galian lubang bor lapisan batubara.

  1. Log Caliper

Teknik logging dalam tahapan eksplorasi batubarayang selanjutnya adalah log caliper, teknik logging jenis ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter lubang galian bor serta untuk memeriksa pembacaan log long dan shortspaceddensity. Adapun perpaduan dari log densitas dan log caliper dapat berfungsi untuk mengetahui kekuatan dari batuan serta karakteristik yang dimiliki roof dan floor lapisan batubara tersebut.

  1. Log Tahanan Jenis

Log tahanan jenis atau yang disebut juga dengan resistivity log merupakan suatu metode yang dapat membaca nilai resistivitas fluida yang terkandung dalam lapisan batuan tersebut, karena batubara minim kandungan hidrogen dan oksigen maka nilai resistivitasnya tergolong tinggi.

  1. Log SpontaneousPotential

Log yang terakhir dalam upaya eksplorasi batubaraadalah log spontaneouspotential, jenis Log ini mampu menginformasikan indikasi secara kualitatif terkait kadar serpih dalam lapisan batubara.

Perlu Anda pahami, suatu data logging tidak serta merta memastikan bahwa ada kandungan batubara di bawah lubang bor tersebut, dibutuhkan adanya integrasi antara data log yang satu dengan yang lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai metode geofisika atau geophysicalwelllogging dalam tahapan eksplorasi batubara, semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat ya untuk Anda.