Menghitung Keuntungan Dari Jenis Deposito

bunga deposito

Deposito menjadi salah satu jenis investasi yang mempunyai resiko kerugian kecil, tak heran jika produk investasi satu ini masih diminati banyak orang, Anda tidak bisa bebas menarik dana tersimpan karena terdapat jangka waktu penarikan yang harus dipatuhi, peraturan tersebut tidak membuat Anda rugi mengingat hasilnya baru dirasakan dalam jangka tertentu.

Produk Deposito Berjangka

Sebenarnya apa yang dimaksud deposito berjangka? Produk ini menjadi jenis deposito yang paling sering digunakan, berjangka artinya terdapat batasan waktu sebelum dana dapat diambil oleh nasabah, karena saat menabung keuntungan yang didapatkan tidak terjadi dalam waktu singkat, mungkin Anda bisa mengambilnya sesuai dengan kesepakatan sebelumnya namun Anda tidak akan mendapatkan keuntungan maksimal.

Biasanya bank akan menawarkan jangka waktu minimal 3 bulan hingga 24 bulan, Anda bebas memilih jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan, Anda baru bisa mengambil dana setelah tiba masa jatuh tempo, jika Anda mengambil kurang dari waktu jatuh waktu sudah pasti akan terkena pinalti.

Produk Deposito On Call

Apakah Anda pernah mendengar deposito on call? Mungkin sebagian orang baru kali ini mendengar istilah tersebut, ternyata terdapat deposito yang hanya menawarkan tempo pengambilan dana kurang dari satu bulan, bahkan dengan menggunakan produk ini Anda bisa mengambil dana minimal 7 hari.

Deposito on call diterbitkan atas nama nasabah dan biasanya memiliki nominal jumlah besar, perhitungan bunga deposito akan dihitung per bulan, namun perhitungan tersebut harus melalui kesepakatan atau negosiasi terlebih dahulu dengan pihak bank, sebelum mengambilnya Anda perlu memberitahukan dahulu ke pihak bank.

Produk Sertifikat Deposito

Dan jenis yang terakhir adalah sertifikat deposito, sertifikat deposito adalah dana yang tersimpan selama jangka waktu tertentu akan diberikan kepada nasabah, tidak hanya simpanan dana saja yang nantinya diberikan tapi nasabah juga akan menerima sertifikat, sertifikat yang diberikan tidak mengacu pada nama orang ataupun lembaga tertentu, sertifikat tersebut berlaku untuk proses penjualan ke pihak lain.

Menghitung Bunga Deposito Berjangka

Jika Anda memilih deposito berjangka sebaiknya Anda mengetahui cara menghitung bunganya, jangan mengira jika menghitung bunga tersebut sulit, tidak perlu khawatir karena caranya terbilang cukup mudah.

Cara menghitung keuntungan deposito yaitu suku bunga dikali dengan nominal dana yang ditabung dikali jangka waktu yang diambil, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tingkat suku bunga saat itu, dengan begitu Anda dapat menemukan perhitungan keuntungan.

Selanjutnya jika Anda ingin mengetahui pajak deposito maka cukup menghitung tarif pajak dikalikan dengan bunga dari deposito berjangka tersebut, dan yang terakhir menghitung pengembalian deposito yaitu nominal jumlah investasi ditambah hasil dari bunga deposito yang dikurangi pajak, mudah bukan menghitung bunga deposito berjangka?