Sertifikat Tanah Hilang atau Rusak? Ini Dia Cara Mengurusnya

Ilustrasi Sertifikat Tanah

Dokumen penanda ini perlu Anda simpan dengan baik agar saat dibutuhkan tidak sulit untuk mencari sertifikat tanah. Namun bagaimana jika sertifikat tanah milik kita hilang atau rusak karena terkena bencana atau hal lainnya? Anda tidak perlu bingung lagi karena sekarang Anda bisa mengajukan kembali penerbitan sertifikat tanah milik Anda yang rusak ataupun hilang.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang/Rusak

Sebelum Anda pergi ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) maka Anda perlu mempersiapkan persyaratan yang harus dibawa, antara lain.

  1. Fotokopi data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lengkapi dengan foto yang akan diberi kuasa, jika pengurusan ini akan dilakukan oleh orang lain.
  2. Perlu surat kuasa
  3. Jika ada, memfotokopi surat tanah yang telah hilang atau rusak
  4. Meminta surat tanda lapor kehilangan dari polisi terdekat
  5. Formulir penerbitan kembali sertifikat tanah yang sudah ditandatangani oleh pemilik tanah atau pemegang kuasa tanah di atas materai.

Cara Pengurusan Sertifikat Tanah Kembali

Setelah Anda melengkapi semua persyaratan maka Anda bisa langsung datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan menyerahkan dokumen. Kemudian Anda akan mendapat formulir permohonan sertifikat tanah dan bisa menunggu beberapa waktu yang telah ditentukan oleh petugas untuk melaksanakan sumpah bahwa sertifikat tanah milik Anda telah hilang. Proses daripada sumpah ini akan dilaksanakan tepat di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kemudian pemohon diminta untuk menandatangani surat pernyataan sumpah tersebut.

Selanjutnya pemohon diminta untuk mengumumkan telah kehilangan sertifikat tanah surat kabar pada kota domisili Anda untuk mencegah terjadinya sanggahan yang dilakukan oleh beberapa pihak lain pada tanah yang telah dimaksudkan. Jika dalam waktu satu bulan tidak ada sanggahan mengenai tanah tersebut, maka BPN akan menerbitkan sertifikat tanah Anda. Setelah mengetahui bagaimana cara mengurus sertifikat tanah yang telah hilang atau rusak, maka akan lebih baik jika Anda menyimpannya dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.